Rabu, 26 Juni 2019
Tugas Rutin Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
TANGGUNG
JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN
Nama : Usi Anjani
NPM : 17030004
Kelas/ Mata
kuliah : IV – A/ Etika Bisnis
Dosen : Hilmiatusahla, SE.I,
ME.I
Tambahan Materi Kelompok 5
“Kepentingan
Stakeholders Terhadap Perusahaan “
Dalam menjalankan operasi bisnisnya, suatu perusahaan berinteraksi dengan
berbagai pihak/pemangku kepentingan mulai dari pemegang saham, hingga kepada
customer sampai karyawan bahkan dengan para suplier. Apa saja kepentingan
stakeholders terhadap perusahaan anda?
1. Pemegang Saham
Pemegang saham adalah pihak
yang memiliki saham di perusahaan anda. Investasi dalam bentuk saham yang
ditaruh di perusahaan anda jelas menyebabkan para pemegang saham memiliki
kepentingan terhadap keberlangsungan perusahaan, pencapaian kinerja dan profitabilitas
perusahaan, dan penerapan tata kelola perusahaan yang baik untuk bisa
memastikan bahwa perusahaan anda dapat mencapai target yang telah ditetapkan
oleh Perusahaan.
2. Regulator
Regulator adalah pihak yang
melakukan pengawasan terhadap industri yang perusahaan anda geluti. Sebagai
contoh misalnya Otoritas Jasa Keuangan yang mengawasi berbagai lembaga
keuangan. Sangat penting untuk membangun hubungan baik dengan regulator untuk
menciptakan hubungan kemitraan untuk perkembangan industri dan tentu saja memastikan
perusahaan anda menerapkan kepatuhan pada aspek peraturan dan ketentuan yang
telah ditetapkan.
3. Pemerintah
Pemerintah juga memiliki
kepentingan terhadap perusahaan anda. Tidak hanya terbatas dalam bentuk
dukungan dan partisipasi perusahaan anda dalam program pemerintah yang
diharapkan juga adalah Perusahaan anda dapat memiliki dampak kepada masyarakat.
Selain itu Pemerintah juga memiliki kepentingan terhadap kepatuhan Perusahaan
anda pada aspek peraturan dan ketentuan yang telah ditetapkan.
4. Masyarakat
Masyarakat memiliki
keterkaitan terhadap perusahaan anda yang diantaranya meliputi Kebutuhan akan
lapangan pekerjaan, Masyarakat juga tentu saja akan selalu mengharapkan
partisipasi perusahaan dalam mendukung kesejahteraan dan pemberdayaan
masyarakat.
5. Pelanggan
Pelanggan adalah nyawa utama
dari perusahaan. Dari pelangganlah, anda bisa meraih keuntungan. Kebutuhan
utama dari pelanggan tentu saja berputar sekitar kepuasan dari kualitas
pelayanan perusahaan, Pelanggan juga menginginkan transparansi dari perusahaan,
apapun itu, apakah tentang produk, tentang tarif harga. Pelanggan juga ternyata memiliki concern
terhadap keberlangsungan perusahaan berikut dengan produk perusahaan.
6. Lembaga Swadaya Masyarakat
Lembaga Swadaya adalah
perpanjangan tangan dari masyarakat. Mereka menginginkan adanya transparansi
dari perusahaan, keterbukaan serta akses informasi mengenai aspek kinerja
perusahaan. Karenanya Perusahaan anda perlu membangun hubungan sebagai check
and balance partner dengan Lembaga Swadaya Masyarakat
7. Media Massa
Media massa sudah semakin
berkembang pesat. Media massa selalu menjadi referensi utama masyarakat dalam
mencari informasi. Karenanya pastikan Perusahaan anda membangun hubungan baik
dengan media massa dimana perusahaan anda juga harus membangun transparansi,
keterbukaan serta akses informasi mengenai aspek kinerja perusahaan serta
hubungan sebagai check and balance partner
8. Asosiasi Industri
Asosiasi Industri adalah
kumpulan dari perusahaan-perusahaan yang berada dalam industri anda. Asosiasi
Industri pun juga membutuhkan transparansi, keterbukaan serta akses informasi
mengenai aspek kinerja perusahaan anda dan sangat penting untuk membangun
hubungan kemitraan dengan Asosiasi Industri untuk perkembangan industri.
9. Pesaing
Siapa bilang pesaing anda
tidak punya kepentingan terhadap Perusahaan anda. Memang semua persaingan tidak
akan selalu berjalan dengan baik dan sehat, tetapi pesaing yang baik, akan
selalu memiliki kepedulian terhadap persaingan usaha yang sehat dan adil serta
beretika bisnis dan penerapan tata kelola perusahaan yang baik.
10. Mitra Kerja
Mitra kerja disini diartikan
sebagai suplier atau mitra yang mendukung kinerja perusahaan anda baik melalui
keahlian jasa ataupun barang-barang yang ditawarkan kepada Perusahaan anda.
karenanya suplier akan selalu menekankan pada pentingnya Mekanisme pengadaan
barang dan jasa yang baik dan transparansi penyeleksian pengadaan barang dan
jasa yang menerapkan tata kelola
perusahaan yang baik.
11. Karyawan
Karyawan dan juga keluarganya sering kali
mendapatkan perhatian yang kurang dari Manajemen Perusahaan, padahal banyak
perusahaan yang mengklaim bahwa karyawan adalah aset terbesar mereka.
Perusahaan yang baik akan selalu menciptakan iklim kerja yang kondusif, dan
kesempatan kerja yang sama serta transparansi terhadap kebijakan-kebijakan yang
berkaitan dengan sumber daya manusia.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar