Rabu, 26 Juni 2019

Tugas Rutin Tanggung Jawab Sosial Perusahaan


TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN

 

Nama                      : Usi Anjani

NPM                        : 17030004

Kelas/ Mata kuliah : IV – A/ Etika Bisnis

Dosen                      : Hilmiatusahla, SE.I, ME.I


 

 

Tambahan Materi Kelompok 5

 

“Kepentingan Stakeholders Terhadap Perusahaan “

Dalam menjalankan operasi bisnisnya, suatu perusahaan berinteraksi dengan berbagai pihak/pemangku kepentingan mulai dari pemegang saham, hingga kepada customer sampai karyawan bahkan dengan para suplier. Apa saja kepentingan stakeholders terhadap perusahaan anda?

1.      Pemegang Saham

Pemegang saham adalah pihak yang memiliki saham di perusahaan anda. Investasi dalam bentuk saham yang ditaruh di perusahaan anda jelas menyebabkan para pemegang saham memiliki kepentingan terhadap keberlangsungan perusahaan, pencapaian kinerja dan profitabilitas perusahaan, dan penerapan tata kelola perusahaan yang baik untuk bisa memastikan bahwa perusahaan anda dapat mencapai target yang telah ditetapkan oleh Perusahaan.

2.      Regulator

Regulator adalah pihak yang melakukan pengawasan terhadap industri yang perusahaan anda geluti. Sebagai contoh misalnya Otoritas Jasa Keuangan yang mengawasi berbagai lembaga keuangan. Sangat penting untuk membangun hubungan baik dengan regulator untuk menciptakan hubungan kemitraan untuk perkembangan industri dan tentu saja memastikan perusahaan anda menerapkan kepatuhan pada aspek peraturan dan ketentuan yang telah ditetapkan.

3.      Pemerintah

Pemerintah juga memiliki kepentingan terhadap perusahaan anda. Tidak hanya terbatas dalam bentuk dukungan dan partisipasi perusahaan anda dalam program pemerintah yang diharapkan juga adalah Perusahaan anda dapat memiliki dampak kepada masyarakat. Selain itu Pemerintah juga memiliki kepentingan terhadap kepatuhan Perusahaan anda pada aspek peraturan dan ketentuan yang telah ditetapkan.

4.      Masyarakat

Masyarakat memiliki keterkaitan terhadap perusahaan anda yang diantaranya meliputi Kebutuhan akan lapangan pekerjaan, Masyarakat juga tentu saja akan selalu mengharapkan partisipasi perusahaan dalam mendukung kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat.

5.      Pelanggan

Pelanggan adalah nyawa utama dari perusahaan. Dari pelangganlah, anda bisa meraih keuntungan. Kebutuhan utama dari pelanggan tentu saja berputar sekitar kepuasan dari kualitas pelayanan perusahaan, Pelanggan juga menginginkan transparansi dari perusahaan, apapun itu, apakah tentang produk, tentang tarif harga.  Pelanggan juga ternyata memiliki concern terhadap keberlangsungan perusahaan berikut dengan produk perusahaan.

6.      Lembaga Swadaya Masyarakat

Lembaga Swadaya adalah perpanjangan tangan dari masyarakat. Mereka menginginkan adanya transparansi dari perusahaan, keterbukaan serta akses informasi mengenai aspek kinerja perusahaan. Karenanya Perusahaan anda perlu membangun hubungan sebagai check and balance partner dengan Lembaga Swadaya Masyarakat

7.      Media Massa

Media massa sudah semakin berkembang pesat. Media massa selalu menjadi referensi utama masyarakat dalam mencari informasi. Karenanya pastikan Perusahaan anda membangun hubungan baik dengan media massa dimana perusahaan anda juga harus membangun transparansi, keterbukaan serta akses informasi mengenai aspek kinerja perusahaan serta hubungan sebagai check and balance partner

8.      Asosiasi Industri

Asosiasi Industri adalah kumpulan dari perusahaan-perusahaan yang berada dalam industri anda. Asosiasi Industri pun juga membutuhkan transparansi, keterbukaan serta akses informasi mengenai aspek kinerja perusahaan anda dan sangat penting untuk membangun hubungan kemitraan dengan Asosiasi Industri untuk perkembangan industri.

9.      Pesaing

Siapa bilang pesaing anda tidak punya kepentingan terhadap Perusahaan anda. Memang semua persaingan tidak akan selalu berjalan dengan baik dan sehat, tetapi pesaing yang baik, akan selalu memiliki kepedulian terhadap persaingan usaha yang sehat dan adil serta beretika bisnis dan penerapan tata kelola perusahaan yang baik.

10.  Mitra Kerja

Mitra kerja disini diartikan sebagai suplier atau mitra yang mendukung kinerja perusahaan anda baik melalui keahlian jasa ataupun barang-barang yang ditawarkan kepada Perusahaan anda. karenanya suplier akan selalu menekankan pada pentingnya Mekanisme pengadaan barang dan jasa yang baik dan transparansi penyeleksian pengadaan barang dan jasa  yang menerapkan tata kelola perusahaan yang baik.

11.  Karyawan

Karyawan dan juga keluarganya sering kali mendapatkan perhatian yang kurang dari Manajemen Perusahaan, padahal banyak perusahaan yang mengklaim bahwa karyawan adalah aset terbesar mereka. Perusahaan yang baik akan selalu menciptakan iklim kerja yang kondusif, dan kesempatan kerja yang sama serta transparansi terhadap kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan sumber daya manusia.

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar