Rabu, 26 Juni 2019

Resensi Etika dan Strategi Bisnis Nabi Muhammad SAW

Hasil gambar untuk Etika dan Strategi Bisnis Nabi Muhammad SAW
Judul            : Muhammad Business Strategic Ethics
Penulis         : M Suyanto
Penerbit       : Andi Offset
No ISBN     : 978-979-29-0569-4
Tebal           : 306 halaman + xiv ; 16 x 23 cm
Cetakan      : Pertama, Oktober 2008
Harga Buku: Rp 96.900,-


Muhammad Business Strategic Ethics
Etika dan Strategi Bisnis Nabi Muhammad SAW

I.          Pendahuluan
Buku ini ditulis oleh bapak M Suyatno. Buku ini merupakan buku yang tergolong dalam buku buku yang cukup tebal sehingga isinya dipaparkan oleh penulis secara luas dan jelas. Muhammad sebagai nabi dan rasul, itu sudah menjadi panutan yang tidak terpungkiri bagi ummat muslim. Kepemimpinannya disegani. Keberhasilannya dalam menyebarkan wahyu Allah lewat agama Islam juga memberi warna terhadap perkembangan Islam di dunia dewasa ini. Tapi, bagaimana dengan Muhammad sebagai seorang pebisnis?
Dalam buku ini penulis memaparkan secara terinci kedalam 6 bab, yaitu : Bisnis yang Dilakukan Bangsa-Bangsa Arab Kuno Pra-Islam, Bisnis yang Dilakukan Bangsa-Bangsa Arab Utara dan Gurun Pra-Islam, Pasar di Arab Sebelum Islam, Produk di Arab Sebelum Islam, Etika Bisnis Nabi Muhammad SAW, Strategi Bisnis dan Nabi Muhammad SAW.

II.            Isi buku
Itu yang coba dikupas oleh M Suyanto, seorang pakar ekonomi muda Islam yang saat ini banyak berkiprah di dunia bisnis dan kampus, dalam buku setebal 300 halaman berjudul Muhammad Business Strategy & Ethics (Etika dan Strategi Bisnis Nabi Muhammad SAW) yang diterbitkan oleh Penerbit Andini.
Dalam sebuah Hadits Bukhari, Rasulullah pernah mengirimkan pakaian sutera atau sutera campuran kepada Umar. Kemudian, beliau melihat pakaian itu dipakai oleh Umar. Rasulullah bersabda, ‘’Sesungguhnya aku kirimkan pakaian itu kepadamu bukanlah untuk kau pakai. Yang akan memakainya adalah orang-orang yang tidak beruntung baginya. Kukirimkan kepada mu ialah supaya engkau dapat mengambil manfaat dari padanya, yakni supaya kau jual.’’ Sekelumit hadits itu juga menjelaskan bahwa Muhammad mempunyai naluri bisnis yankni usaha. Namun, adakalanya, hal tersebut memiliki perbedaan dibandingkan dengan prinsip bisnis kebanyakan orang-orang Arab pada zaman tersebut yang juga menjalankan bisnis.
Ada etika dan strategi yang dikedepankan Muhammad ketika mengatur perilaku bisnis yang dianjurkan dan dibenarkan dalam Islam. Tak sekadar mengejar keuntungan tentunya, namun, juga bagaimana supaya bisnis itu juga bisa memberikan manfaat bagi orang banyak dan memberikan keuntungan yang juga halal bagi pengelola usaha. Etika bisnis Muhammad secara naluriah sudah dimulai sejak ia masih muda. Berkat kejujuran yaitu pula Muhammad diberigelar al-amin, yang artinya orang yang dapat dipercaya. Dengan keberadaan Muhammad yang demikian, maka etika bisnis dijalankan dengan sebenar-benarnya oleh Muhammad. Sampai kemudian ketika menerima wahyu, maka ajaran Islam kemudian juga dikaitkan dengan sisi bisnis.
Muhammad memperhatikan sisi pemasaran, peningkatan kemampuan sumber daya manusia, strategi operasi sebagai bagian dari upaya pengembangan bisnis yang tujuannya juga tidak lepas dari upaya mendapatkan keuntungan dan memberikan rasa adil kepada seluruh pihak.
Etika bisnis Muhammad adalah  berbisnis secara syariah yang tujuannya juga untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Karena itulah, Muhammad tidak membenarkan melakukan bisnis yang dilarang dan bertentangan dengan kaidah Islam, walaupun untungnya mungkin sudah ada di depan mata.



III.          Kelebihan buku :
1.      Terdapat gambar-gambar disetiap sub bab yang digunakan dalam buku Etika dan Strategi Bisnis Nabi Muhammad SAW sehingga mempermudah pembaca memahami isi buku tersebut.
2.      Dalam penulisan buku penulis lebih menekankan pada keefektifan kata sehingga kata-kata yang dituangkan tidak begitu panjang tetapi berisi.
3.      Penulis mempertahankan gaya argumentasi dan penyajian masing-masing pemikiran-pemikiran sehingga membuat pembaca menarik untuk memperdalam buku ini.
4.      Buku ini menggunakan tulisan standar dengan format Times New Roman, sehingga tulisan pada buku bisa dibaca dengan jelas tanpa ada tulisan kurang jelas karena unsusr editing huruf.
5.      Buku bisa dibaca oleh semua orang baik dari golongan bawah samppai golongan atas dan untk semua umat, sehingga tidak ada larangan untuk mempraktikkan, baik masyarakat umum pun boleh menerapkannnya.

IV.          Kekurangan buku :
1.    Pada cover buku yang berjudul “Etika dan Strategi Bisnis Nabi Muhammad SAW” ini kurang sesuai dengan gambar yang tertera di cover tersebut.
2.    Terdapat beberapa kata-kata yang menggangu karena ada kesalahan dalam pengetikan.

V.            Kesimpulan
Buku ini layak menjadi bahan referensi rujukan dalam pembelajaran dikelas-kelas etika bisnis baik bagi mahasiswa program Sarjana, Magister maupun Doktor. Selain itu, buku ini juga tepat untuk dibaca oleh para peminat, praktisi, professional, dan masyarakat umum yang tengah bersemangat terhadap kajian dibidang etika bisnis ini. Keluasan dan keterpaduan bahasan dari setiap bab dalam buku ini menjadikannya sangat layak dirujuk. Terlepas dari berbagai kekurangan dan kelebihan yang ada, apresiasi luar biasa terhadap terbitnya buku ini.

Usi Anjani
Presensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar