Judul : Muhammad
Business Strategic Ethics
Penulis : M Suyanto
Penerbit : Andi Offset
No ISBN : 978-979-29-0569-4
Tebal : 306 halaman
+ xiv ; 16 x 23 cm
Cetakan : Pertama, Oktober 2008
Harga Buku: Rp 96.900,-
Muhammad Business Strategic Ethics
Etika dan Strategi Bisnis Nabi Muhammad SAW
I.
Pendahuluan
Buku ini ditulis oleh bapak M
Suyatno. Buku ini merupakan buku yang tergolong dalam buku buku yang cukup
tebal sehingga isinya dipaparkan oleh penulis secara luas dan jelas. Muhammad
sebagai nabi dan rasul, itu sudah menjadi panutan yang tidak terpungkiri bagi
ummat muslim. Kepemimpinannya disegani. Keberhasilannya dalam menyebarkan wahyu
Allah lewat agama Islam juga memberi warna terhadap perkembangan Islam di dunia
dewasa ini. Tapi, bagaimana dengan Muhammad sebagai seorang pebisnis?
Dalam buku ini penulis memaparkan
secara terinci kedalam 6 bab, yaitu : Bisnis yang Dilakukan Bangsa-Bangsa Arab
Kuno Pra-Islam, Bisnis yang Dilakukan Bangsa-Bangsa Arab Utara dan Gurun
Pra-Islam, Pasar di Arab Sebelum Islam, Produk di Arab Sebelum Islam, Etika
Bisnis Nabi Muhammad SAW, Strategi Bisnis dan Nabi Muhammad SAW.
II.
Isi buku
Itu yang coba dikupas
oleh M Suyanto, seorang pakar ekonomi muda Islam yang saat ini banyak berkiprah
di dunia bisnis dan kampus, dalam buku setebal 300 halaman berjudul Muhammad
Business Strategy & Ethics (Etika dan Strategi Bisnis Nabi Muhammad SAW)
yang diterbitkan oleh Penerbit Andini.
Dalam sebuah Hadits
Bukhari, Rasulullah pernah mengirimkan pakaian sutera atau sutera campuran kepada
Umar. Kemudian, beliau melihat pakaian itu dipakai oleh Umar. Rasulullah bersabda,
‘’Sesungguhnya aku kirimkan pakaian itu kepadamu bukanlah untuk kau pakai. Yang
akan memakainya adalah orang-orang yang tidak beruntung baginya. Kukirimkan kepada
mu ialah supaya engkau dapat mengambil manfaat dari padanya, yakni supaya kau jual.’’
Sekelumit hadits itu juga menjelaskan bahwa Muhammad mempunyai naluri bisnis
yankni usaha. Namun, adakalanya, hal tersebut memiliki perbedaan dibandingkan dengan
prinsip bisnis kebanyakan orang-orang Arab pada zaman tersebut yang juga menjalankan
bisnis.
Ada etika dan strategi
yang dikedepankan Muhammad ketika mengatur perilaku bisnis yang dianjurkan dan dibenarkan
dalam Islam. Tak sekadar mengejar keuntungan tentunya, namun, juga bagaimana supaya
bisnis itu juga bisa memberikan manfaat bagi orang banyak dan memberikan keuntungan
yang juga halal bagi pengelola usaha. Etika bisnis Muhammad secara naluriah sudah
dimulai sejak ia masih muda. Berkat kejujuran yaitu pula Muhammad diberigelar
al-amin, yang artinya orang yang dapat dipercaya. Dengan keberadaan Muhammad
yang demikian, maka etika bisnis dijalankan dengan sebenar-benarnya oleh
Muhammad. Sampai kemudian ketika menerima wahyu, maka ajaran Islam kemudian juga
dikaitkan dengan sisi bisnis.
Muhammad memperhatikan sisi
pemasaran, peningkatan kemampuan sumber daya manusia, strategi operasi sebagai bagian
dari upaya pengembangan bisnis yang tujuannya juga tidak lepas dari upaya mendapatkan
keuntungan dan memberikan rasa adil kepada seluruh pihak.
Etika bisnis Muhammad
adalah berbisnis secara syariah yang
tujuannya juga untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Karena itulah,
Muhammad tidak membenarkan melakukan bisnis yang dilarang dan bertentangan dengan
kaidah Islam, walaupun untungnya mungkin sudah ada di depan mata.
III.
Kelebihan
buku :
1.
Terdapat gambar-gambar disetiap sub bab yang digunakan
dalam buku Etika dan Strategi Bisnis Nabi Muhammad SAW sehingga
mempermudah pembaca memahami isi buku tersebut.
2.
Dalam penulisan buku penulis lebih menekankan pada
keefektifan kata sehingga kata-kata yang dituangkan tidak begitu panjang tetapi
berisi.
3.
Penulis mempertahankan gaya argumentasi dan penyajian
masing-masing pemikiran-pemikiran sehingga membuat pembaca menarik untuk
memperdalam buku ini.
4.
Buku ini menggunakan tulisan standar dengan format
Times New Roman, sehingga tulisan pada buku bisa dibaca dengan jelas tanpa ada
tulisan kurang jelas karena unsusr editing huruf.
5.
Buku bisa dibaca oleh semua orang baik dari golongan
bawah samppai golongan atas dan untk semua umat, sehingga tidak ada larangan
untuk mempraktikkan, baik masyarakat umum pun boleh menerapkannnya.
IV.
Kekurangan
buku :
1.
Pada cover buku yang berjudul “Etika
dan Strategi Bisnis Nabi Muhammad SAW” ini kurang sesuai dengan gambar
yang tertera di cover tersebut.
2.
Terdapat beberapa kata-kata yang menggangu karena ada
kesalahan dalam pengetikan.
V.
Kesimpulan
Buku ini layak menjadi
bahan referensi rujukan dalam pembelajaran dikelas-kelas etika bisnis baik bagi
mahasiswa program Sarjana, Magister maupun Doktor. Selain itu, buku ini juga
tepat untuk dibaca oleh para peminat, praktisi, professional, dan masyarakat
umum yang tengah bersemangat terhadap kajian dibidang etika bisnis ini.
Keluasan dan keterpaduan bahasan dari setiap bab dalam buku ini menjadikannya
sangat layak dirujuk. Terlepas dari berbagai kekurangan dan kelebihan yang ada,
apresiasi luar biasa terhadap terbitnya buku ini.
Usi Anjani
Presensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar