PERSFEKTIF
ETIKA BISNIS DALAM ISLAM
Nama : Usi Anjani
NPM : 17030004
Kelas/ Mata kuliah : IV – A / Etika Bisnis
Dosen : Hilmiatus Sahla, SE.I, ME.I
Tambahan
materi kelompok 6
“Faktor-Faktor
Yang Mempengaruhi Etika Pada Bisnis”
Berikut faktor-faktor yang
mempengaruhi etika pada bisnis, yaitu :
1.
Leadership
Kepemimpinan yang
beretika menggabungkan antara pengambilan keputusan yang beretika dan perilaku
yang beretika. Tanggung jawab utama dari seorang pemimpin adalah membuat
keputusan yang beretika dan berperilaku yang beretika pula.
2.
Strategi dan performasi
Fungsi yang penting dari
sebuah manajemen adalah untuk kreatif dalam menghadapi tingginya tingkat
persaingan yang membuat perusahaannya mencapai tujuan perusahaa terutama dari
sisi keuangan tanpa harus menodai aktivitas bisnisnya berbagai kompromi etika.
Sebuah perusahaan yang jelek akan memiliki kesulitan besar untuk menyelaraskan
target yang ingin dicapai perusahaannya dengan standar-standar etika. Karena
keseluruhan strategi perusahaan yang disebut excellence harus bisa melaksanakan
seluruh kebijakan-kebijakan perusahaan guna mencapai tujuan perusahaan dengan
cara yang jujur.
3.
Karakter individu
Perjalanan hidup suatu
perusahaan tidak lain adalah karena peran banyak individu dalam menjalankan
fungsi-fungsinya dalam perusahaan tersebut. Perilaku para individu ini tentu
akan sangat mempengaruhi pada tindakan-tindakan mereka ditempat kerja atau
dalam menjalankan aktivitas bisnisnya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi
karakter individu Faktor –faktor tersebut yangpertama adalah pengaruh
budaya, pengaruh budaya ini adalah pengaruh nilai-nilai yang dianut dalam
keluarganya. Faktor yang kedua, perilaku ini akan dipengaruhi oleh
lingkunganya yang diciptakan di tempat kerjanya. Faktor
yang ketiga adalah berhubungan dengan lingkungan luar tempat dia
hidup berupa kondisi politik dan hukum, serta pengaruh–pengaruh perubahan
ekonomi. Kesemua faktor ini juga akan terkait dengan status individu tersebut
yang akan melekat pada diri individu tersebut yang terwujud dari tingkah
lakunya.
4.
Budaya perusahaan
Budaya perusahaan adalah
suatu kumpulan nilai-nilai, norma-norma, ritual dan pola tingkah laku yang
menjadi karakteristik suatu perusahaan. Setiap budaya perusahaan akan memiliki
dimensi etika yang didorong tidak hanya oleh kebijakan-kebijakan formal
perusahaan, tapi juga karena kebiasaan-kebiasaan sehari-hari yang berkembang
dalam organisasi perusahaan tersebut, sehingga kemudian dipercayai sebagai
suatu perilaku, yang bisa ditandai mana perilaku yang pantas dan mana yang
tidak pantas. Budaya-budaya perusahaan inilah yang membantu terbentuknya nilai
dan moral ditempat kerja, juga moral yang dipakai untuk melayani para
stakeholdernya. Aturan-aturan dalam perusahaan dapat dijadikan yang baik. Hal
ini juga sangat terkait dengan visi dan misi perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar